Dinkes Sinjai Gelar Pelatihan KtPA dan TPPO

SAUDAGAR.NEWS, Sinjai – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai menggelar pelatihan pelayanan Kesehatan bagi korban kekerasan terhadap Perempuan dan anak (KtPA) dan Tindak Pidana Perdagangan orang (TPPO).

Pelatihan yang diikuti puluhan peserta terdiri dari Bidan, Perawat dan Dokter berlangsung di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Makassar, Rabu, (6/12/2023).

Kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kapasitas bagi tenaga kesehatan baik itu di puskesmas dan rumah sakit agar kompeten dalam memberikan pelayanan Kesehatan bagi korban KTPA dan TPPO diantaranya mampu mengidentifikasi kasus kekerasan, memberikan pelayanan medis terhadap korban, melakukan rujukan baik medis, hukum maupun sosial serta Upaya pencegahannya.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik diwakili oleh Sub Koordinator Kesga dan Gizi, Herlina Syamsuddin mengatakan bahwa, kekerasan terhadap Perempuan dan Anak (KTP/A), termasuk Tindak Pinada Perdagangan Orang (TPPO) merupakan masalah global yang terkait Hak asasi Manusia dan ketimpangan Gender.

Di Indonesa dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak dan traficking secara bermakna berdasarkan laporan lembaga terkait.

“Kekerasan itu bisa berbentuk kekerasan seksual, kekerasan fisik dan kekerasan psikis. Pemerintah Indonesia terus berkomitmen mengatasi permasalahan tersebut,” ujarnya.

Dengan pelatihan ini di harapakan peserta nantinya mampu membantu melakukan tatalaksana kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di klinik, Puskesmas dan Rumah sakit sesuai standar.