HUT Marinir di Uluwai, Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

SAUDAGAR.NEWS, Toraja – Ulang tahun Korps Marinir ke-76 yang akan dirayakan pada 15 November tahun ini, akan berbeda. Biasanya jelang ulang tahun diadakan perlombaan di wilayah pangkalan. Namun, khusus di Sulawesi Selatan, kali ini justru diadakan di Lembang Uluwai, Tana Toraja, yang berjarak sekitar 350 kilometer dari markas Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VI Makassar.

Pemerintah Lembang Uluwai bersama dengan Yonmarhanlan VI akan mengadakan lomba memancing ikan bertajuk “Dulang Fishing Tournament” pada 13 November 2021 di kawasan wisata Lembang Uluwai, suatu daerah ketinggian yang dikelilingi oleh Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Enrekang, dan Kabupaten Luwu.

Ulu Wai yang berarti kepala air (atau sumber mata air) merupakan daerah wisata yang sudah dikenal masayarakat Tana Toraja. Namun, belum banyak warga Sulawesi Selatan dan sekitarnya yang mengenal daerah indah yang kaya dengan mata air yang masih alami, bersih, dan terjaga.

Keindahan alam inilah yang menjadi salah satu alasan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VI Makassar sengaja mengadakan kegiatan itu. “Marinir adalah prajurit kebanggaan negeri dan sangat dicintai masyarakat. Kami bukan hanya milik warga pesisir tapi juga warga di pegunungan. Itulah sebab, kami ke Ulu Wai agar lebih dekat dengan rakyat,”kata Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI Makassar, Letnal Kolonel Marinir, Gigih Catur Pramono, sebagaimana siaran pers yang diterima dari panitia.

Ketua panitia Dulang Fishing Tournament, Basrul Haq Malinggi mengatakan, persiapan perlombaan melibatkan warga yang sukarela bergotong royong membantu panitia. Mereka senang karena daerah mereka akan lebih banyak dikunjungi warga dari daerah lain. Ini juga satu ciri khas rakyat Indonesia yang harus selalu kita lestarikan,” kata Basrul Haq Malinggi.

Panitia menyediakan satu kolam besar yang sekelilingnya bisa menampung dua ratus pemancing. “Panitia menyediakan hadiah puluhan juta Rupiah. Korps Marinir juga menyiapkan cenderamata dan hadiah kejutan senilai jutaan Rupiah bagi para peserta yang beruntung,” kata Basrul.

Komandan Korps Marinir, Mayor Jenderal Marinir Suhartono, turut mendukung acara tersebut. “Kegiatan ini sebagai perwujudan kebersamaan TNI khususnya Korps Marinir dengan masyarakat. Kami senantiasa bahu membahu dalam setiap mengatasi permasalahan bangsa. Meski lomba ini diharapkan menjadi ajang hiburan masyarakat di tengah pandemi, kita tetap melaksanakan lomba sesuai dengan  protokol kesehatan yang ketat,” ujar  Mayor Jenderal Marinir Suhartono.(*)