UPTD Puskesmas Lappadata Jalani Re-akreditasi, Target Status “Paripurna”

SAUDAGAR.NEWS, Sinjai – Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas) Lappadata, kini menjalani survei re-akreditasi.

Mereka dinilai oleh tim surveior dari Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI) yang merupakan utusan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Tim surveior yang datang melakukan penilaian, diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa di UPTD Puskesmas Lappadata, Kelurahan Samaenre Kecamatan Sinjai Tengah, Rabu (06/12) pagi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, drg. Farina Irfani menjelaskan bahwa re-akreditasi ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mendapat pengakuan terhadap standar pelayanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Khusus di Kabupaten Sinjai, ada 16 Puskesmas yang akan menjalani re-akreditasi.

“Puskesmas Lappadata menjadi yang ke-9 menjalani re-akreditasi dari 16 Puskesmas di Kabupaten Sinjai. Kita berharap dengan akreditasi ini, Puskesmas terus berupaya untuk melakukan peningkatan mutu pelayanan,” jelasnya.

Kemudian, Kepala UPTD Puskesmas Lappadata, Hj. Mardiah mengaku telah melakukan persiapan secara matang sejak bulan Juni lalu.

Status akreditasi Puskesmas Lappadata saat ini masuk dalam kategori “Utama”, akan berupaya ditingkatkan menjadi status akreditasi “Paripurna”.

“Alhamdulillah kami persiapkan mulai bulan Juni kemarin. Kami semua sudah komitmen untuk siap menjalani reakreditasi ini. Insya Allah kami optimis bisa naik tingkat dari status Utama menjadi status Paripurna,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa. Selaku Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, ia berpesan kepada semua Puskesmas yang menjalani re-akreditasi untuk dapat meningkatkan mutu pelayanannya di sektor kesehatan.

“Setelah akreditasi ini, harapan kita bahwa 16 Puskesmas bisa menciptakan sistem ketahanan kesehatan bagi wilayahnya masing-masing dalam rangka memberikan pelayanan di bidang kesehatan,” pintanya.

Proses penilaian re-akreditasi ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 6-8 Desember 2023.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Camat Sinjai Tengah, Syahrul Paesa bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sinjai Tengah.

Hadir pula Danramil Sinjai Tengah, Kapolsek Sinjai Tengah, serta para Kepala Desa yang merupakan wilayah kerja UPTD Puskesmas Lappadata.