Bupati Soppeng Terharu Saat Melepas Kirab Budaya Gau Maraja La Patau Mattana Tikka 

SaudagarNews,Soppeng—Pelepasan Kirab Budaya Gau Maraja La Patau Mattana Tikka yang di laksanakan di Anjungan Mangkawani Jalan Pemuda, Senin (17/7/2023). Terlihat meriah dan dipadati oleh masyarakat dari berbagai daerah.

Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta tamu Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka, baik dari lokal maupun tamu internasional.

Bahwa La Patau Matanna Tikka adalah adalah tokoh penting yang telah melakukan dasar-dasar hubungan persaudaraan kerjasama persatuan Indonesia di Sulawesi Selatan maupun di Sulawesi Barat.

“Kita perlu ketahui bahwa, La Patau Matanna Tikka sebagai Raja dengan gerakan simbol Yassisumpungi (Raja yang menyatukan geologis antara bangsawan suku Bugis Makassar dan suku Mandar,” kata HA. Kaswadi Razak.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa, tujuan Kirab ini dilaksanakan agar mengenal kembali identitas lokal yang telah ada dan mengakar atau yang mungkin saja terkubur bersama sejarah bagi pelakunya.

“Kita harus mengingat kembali budaya lokal para leluhur kita yang mana memiliki banyak makna didalamnya,” ujar Bupati Soppeng.

Semoga dalam kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran kepada para anak regenerasi bahwa budaya para leluhur yang telah diwariskan ke kami dapat di jaga dengan dan dilestarikan kembali.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi generasi bahwasanya para leluhur telah mewariskan kebiasaan-kebiasaan, baik untuk ditiru meskipun zaman telah berganti,” harapnya.

Turut hadir dalam acara pelepasan Kirab Budaya Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka Bupati Soppeng bersama ketua Tim Penggerak PKK, Wakil Bupati Soppeng, Forkopimda dan Majelis Agung Raja Soppeng bersama Raja dan Sultan Se-Sulsellbar, Ketua Perwira LPMT bersama anggota, para narasumber Seminar Internasional.